Photoshop Retouch Foto Dengan Bantuan Patch Tool

Patch Tool merupakan satu dari sekian banyak fitur-fitur efektif yang terdapat di dalam Adobe Photoshop, dengan adanya fitur keren yang disematkan photoshop ini, saat ingin menghapus / menghilangkan bagian yang tidak di inginkan dari foto, baik itu area yang kecil maupun yang cukup besar, patch tool selalu dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Patch Tool
Patch Tool adalah sebuah tool di dalam tool box photoshop yang berada pada kumpulan retouch tool. Dan sesuai dengan namanya patch memiliki arti menambal dalam bahasa indonesia, begitu pula dengan fungsi dari patch tool sendiri adalah untuk menambal area yang kita pilih, area tersebut bisa kecil, ataupun besar tentunya dengan mempergunakan area sample guna menambal area tersebut. 
patch tool terletak pada kumpulan retouch tool pada tool box, bentuknya mirip seperti tambalan kain, sisi pinggir-pinggirnya menyerupai benang-benang dari sisa jahitan. atau dapat juga mempergunakan shortcut [ Ctrl ] + [ J ] berulang-ulang hingga muncul patch tool
Patch Tool Photoshop
 Menggunakan Patch Tool
dengan menyeleksi area pada foto yang ingin di hilangkan dengan mengambil sample, yang tujuan dari area sample ini nantinya kita gunakan untuk menambal area yang kita tersebut. contoh dibawah ini dengan menggunakan foto/gambar meja yang terdapat asbak di atasnya, untuk menerapkan penggunaan patch tool kita akan coba hilangkan asbak yang berada di atas meja tersebut.
Perbesar gambar ke area asbak untuk mempermudah menyeleksi area tersebut, dengan cara tekan dan tahan tombol [ Alt ] pada keyboard sambil melakukan scrool ini pada mouse, atau cara lainnya adalah dengan menekan tombol [ Ctrl ] + [ + ]. Tekan dan tahan tombol [ Ctrl ] pada keyboard dilanjutkan dengan menekan tombol [ + ] untuk zoom in, dan gunakan tombol [ - ] untuk zoom out. 
 Seleksi area asbak, jangan lupa bayangan dari asbak juga diseleksi. 

Kemudian klik dan tahan, sembari mengarahkan ke area yang akan kita jadikan sample untuk menambal area tersebut.
Selesai, sekarang sudah bisa melihat asbak di atas meja sudah tidak ada lagi, berganti dengan porongan sample dari area yang di pilih. Patch tool benar-benar akan membantu.
 
SELAMAT MENCOBA

Related Posts:

0 Response to "Photoshop Retouch Foto Dengan Bantuan Patch Tool"

Post a Comment